Komisi IV DPR Dukung Penenggelaman Kapal

Ilustrasi.
/ AB Jumat, 12 Januari 2018 WIB

Jakarta - Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo menyatakan pihaknya mendukung kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan yang melakukan aksinya di kawasan perairan nasional dan merugikan Republik Indonesia.

"Kami tegaskan bahwa Komisi IV tetap mendukung kebijakan penenggelaman kapal asing yang memasuki wilayah Indonesia dan mencuri kekayaan alam Indonesia," kata Edhy di Jakarta, Kamis (11/1).

Menurut Edhy sebenarnya tidak perlu ada polemik terkait pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Alasannya, keduanya merupakan bagian dari pemerintah.

"Terkait kebijakan menenggelamkan kapal asing, semangatnya Bu Susi kan untuk melindungi sumber daya alam kita, melindungi kekayaan negara kita dari asing, dan itu harus kita dukung," tegasnya.

Menurutnya, penenggelaman kapal asing yang terbukti mencuri kekayaan alam Indonesia berdampak baik kepada nelayan serta menimbulkan efek jera. Namun, ia juga menyatakan bahwa pernyataan menko kemaritiman juga untuk kebaikan negara, sehingga tidak seharusnya ada proses saling adu kuat.



Sumber: ANTARA