Megawati Apresiasi Kader yang "Biar Gepeng Asal Banteng"

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengangkat tangan saat berpidato pada acara HUT ke-45 PDI Perjuangan di JCC, Jakarta, 10 Januari 2018.
‎ Markus Junianto Sihaloho / HA Rabu, 10 Januari 2018 WIB

Jakarta - Perayaan hari ulang tahun PDI Perjuangan ke-45 dijadikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sebagai momen untuk menyampaikan terima kasih yang khusus kepada senior partai dan kader partai di tingkat akar rumput.

Di acara yang digelar di Gedung Jakarta Convention Center, Rabu (10/1), hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Jusuf Kalla, dua orang sesepuh partai Sabam Sirait dan Waluyo, dan ribuan kader PDI Perjuangan.

Selain itu tampak juga sejumlah ketua umum partai lain seperti Romahurmuziy, Zulkifli Hasan‎, Airlangga Hartarto, Hary Tanoesudibyo, dan Grace Natalie.

"Mereka memilih berjuang bersama partai ini karena keyakinan ideologi. Ideologi yang mengikat kami, mempertahankan persahabatan, tak kehilangan cara untuk mempertahankan partai tercinta ini," kata Megawati.

Secara khusus, Megawati juga menyampaikan terima kasih untuk AP Batubara, sesepuh partai yang baru saja meninggal dunia.

"Beliau tetap setia kepada PDI Perjuangan dan Pancasila. Terima kasih kepada bapak AP Batubara," kata Megawati.

Megawati juga mengapresiasi kader PDI Perjuangan di seluruh Indonesia, yang bertarung untuk mempertahankan sekaligus menjalankan keputusan politik partai.

"Saya mengapresiasi kader akar rumput yang tak tahu arti jabatan itu, mereka hanya selalu ingat pada Bung Karno, banteng, dan Megawati yang mereka cintai," kata Megawati.

Selama 45 tahun umur partai, Megawati mengatakan dirinya menjadi saksi mata, sehingga sangat memahami karakter kader, termasuk jika ada orang yang hendak mendekat ke partai. Dirinya paham mana yang benar, mana yang serius, atau cuma mau main-main.

Dirinya juga menyampaikan keyakinan bahwa masih banyak kader partai yang kuat meskipun tak dapat jabatan apapun. Mereka tetap bekerja secara ideologis.

"Slogannya biar gepeng asal banteng," kata Megawati.

"Saya sangat tahu mereka yang sesungguhnya menggerakkan mesin partai, mengibarkan panji partai di seluruh Indonesia. Sekali lagi terima kasih," kata Megawati. Tiga kali dia menyebut 'terima kasih'.

"Ingat anak-anakku, partai ini harus tetap berdiri, bukan karena kekuasaan, tetapi karena berpegang teguh pada ideologi Pancasila 1 juni 45. Siap?" kata Megawati.

"Siap," teriak ribuan kader PDI Perjuangan yang ada di tempat itu.



Sumber: BeritaSatu.com