Dominan di Le Mans, Marquez Cetak Kemenangan ke-300 Honda

Dominan di Le Mans, Marquez Cetak Kemenangan ke-300 Honda
Marc Marquez ( Foto: MotoGP.com )
Heru Andriyanto / HA Minggu, 19 Mei 2019 | 20:00 WIB

Le Mans, Beritasatu.com - Marc Marquez menjuarai Grand Prix Prancis dari pole position, Minggu (19/5/2019), dan mempersembahkan kemenangan ke-300 di kompetisi roda dua untuk Honda.

Juara dunia itu juga memantapkan posisi di puncak klasemen sementara dengan keunggulan delapan poin atas pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang finis kedua.

Tiga motor Ducati membuntuti Marquez di sepanjang balapan yang digelar di sirkuit legendaris Le Mans, dan Danilo Petrucci mengunci podium terakhir setelah gagal menyalip rekannya Dovi dalam persaingan yang sangat ketat di lima putaran terakhir.

Di belakangnya adalah pembalap satelit Pramac, Jack Miller, satu-satunya pembalap yang sempat mampu merebut pimpinan lomba dari Marquez dalam balapan tersebut meskipun hanya beberapa putaran saja.

Pembalap Yamaha Valentino Rossi finis kelima sama dengan posisi awalnya, karena kalah akselerasi dengan tiga motor Ducati di depannya.

Sebelum balapan dimulai, terjadi peristiwa yang sangat langka ketika Karel Abraham dan Joan Mir terjatuh di warm up lap, atau putaran sebelum para pembalap membentuk formasi start.

Abraham jatuh sendiri di tikungan, dan tepat di belakangnya Mir tampak kaget dan akhirnya motor Suzuki yang ditunggangi ikut tersungkur meskipun mereka berdua tidak terlibat kontak.

Joan Mir (MotoGP.com)

Tim KTM Red Bull mencatat hasil terbaik mereka dalam sejarah di MotoGP lewat Pol Espargaro yang finis keenam.

Di belakang dia adalah dua pembalap Yamaha SRT Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Tampil di kandang sendiri, Quartararo tampil penuh motivasi dan dari posisi belasan mampu menyodok ke delapan besar dengan mencatat waktu putaran tercepat.

Cal Crutchlow (LCR Honda) finis kesembilan diikuti Alex Rins (Suzuki).

Pembalap Repsol Honda dan mantan juara dunia Jorge Lorenzo lagi-lagi gagal menembus 10 besar bersama tim barunya, dan harus puas di urutan 11.



Sumber: Fox Sports TV