K-Food Lambang Persahabatan Dua Negara

K-Food Lambang Persahabatan Dua Negara
ilustrasi makanan korea yang menjadi jembatan antara dua budaya ( Foto: Hendro D Situmorang )
Hendro D Situmorang / EAS Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:43 WIB

Tangerang - Masakan Korea cukup memiliki banyak penggemar di Indonesia. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa dibalik menu asal Negeri Ginseng tersebut ada unsur nilai budaya yang terkandung di dalamnya ketika dicicipi.

Guna mengenalkan masakan beserta resepnya, Korean Food Promotion Institute, Kedutaan Besar Korea di Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Korea bersama aT (Korea Agro Fisheries and Food Trade Corporation), menyelenggarakan acara kontes memasak menu Korea "UMN K-Food Campus Festival 2018" di Universitas Multimedia Nasional (UMN) Serpong, Tangerang, Kamis (4/10).

Tema yang diangkat "Hallyu (Korean Wave) Festival" dengan membawakan berbagai macam acara menarik dan menyuguhkan makanan street food khas Korea, seperti Tteokbokki, hotdog (corndog), dan lainnya yang sudah dikenal akrab oleh masyarakat Indonesia.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang Beom menjelaskan acara ini menjadi lambang persahabatan dalam berbagi masakan kepada masyarakat luas, agar mengetahui resep masakan sekaligus mencobanya dengan memasak langsung.

"K-Food pun menjadi pertukaran budaya antara Indonesia dan Korea. Kedua negara memiliki hubungan erat, sama halnya seperti drama Korea dan K-Pop. Kami sengaja adakan di kampus untuk dipersembahkan pada mahasiswa yang merupakan trendsetter kekinian," ujar dia.

Kim sendiri mengaku sangat menyukai masakan Indonesia, seperti nasi goreng, sop buntut, ayam goreng pedas, masakan Padang yang pedas dan sambel uleg khas Nusantara.

Nam Taek Hong selaku Chief Representative dari aT Jakarta mengatakan Indonesia dan Korea banyak miliki kesamaan dalam hal makanan, seperti makan nasi 3 kali sehari, menyukai sambal merah dan lainnya.

"Acara ini diadakan dalam bentuk kompetisi bertujuan memberi pemahaman makanan Korea yang lezat dan menyenangkan. Kami pun memberikan pengetahuan dasar-dasar masakan Korea dan resep yang dibagikan saat mereka menunjukkan keahlian memasak," tutup Nam.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE