Presiden Tegaskan Pansel KPK Kredibel

Presiden Tegaskan Pansel KPK Kredibel
Ilustrasi KPK. ( Foto: AFP / Bay Ismoyo )
Novy Lumanauw / YUD Sabtu, 18 Mei 2019 | 16:40 WIB

Badung, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terdiri atas para figur yang kredibel dan memiliki kapasitas sesuai bidangnya.

Pada Jumat (17/5/2019) Presiden Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2023.

Pansel KPK itu terdiri atas Dr Yenti Ganarsih, S.H., M.H sebagai ketua merangkap anggota, Prof. Dr. Indriyanto Senoadji, S.H., M.H (Wakil ketua merangkap anggota), serta jajaran anggota yang terdiri atas Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum, Prof. Dr. Hamdi Moeloek, Dr. Diani Sadia Wati, S.H., LL.M, Dr. Mualimin Abdi, S.H., M.H, Hendardi, S.H, dan Al Araf, S.H MT.

"Saya kira Pansel calon pimpinan KPK figur-figurnya sangat kredibel dan memiliki kapasitas untuk menyeleksi. Kita harapkan ini kan panitia seleksi, beliau-beliau ini yang menyeleksi calon ketua, komisioner di KPK. Serahkan pada pansel," kata Presiden Jokowi di Pasar Badung, Denpasar, Bali, pada Sabtu (18/5/2019).

Menurut Presiden Jokowi, meski Pansel KPK memiliki kewenangan untuk menyeleksi, namun keputusan akhir siapa yang akan menduduki jabatan pimpinan KPK tetap berada di tangan DPR.

"Tapi nanti tahap akhir ada di DPR. Kita hanya menyiapkan panitia seleksinya. Diharapkan yang terpilih nanti betul-betul yang terbaik dan diserahkan ke DPR supaya diseleksi lagi baru keluar," ujarnya.

Ia mengaku tidak meminta Pansel untuk mencari figur tertentu untuk Pimpinan KPK. Karena memang fokusnya masih di pencegahan dan penindakan.

"Enggak enggak, yang penting tekanannya memang saya kira sama di pencegahan, di penindakan ya," katanya.



Sumber: Investor Daily