Ratna Dinilai Tidak Konsisten Berikan Keterangan

Ratna Dinilai Tidak Konsisten Berikan Keterangan
Ratna Sarumpaet. ( Foto: Antara )
Bayu Marhaenjati / YUD Selasa, 14 Mei 2019 | 16:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU), menilai terdakwa Ratna Sarumpaet terkadang tidak konsisten dalam memberikan keterangan, di persidangan, Selasa (14/5/2019) hari ini.

"Saya kira kita semua melihat ya, terdakwa dalam memberikan keterangannya kadang tidak konsisten dan banyak yang dia berusaha tutupi. Tapi kita tahu itu menjadi hak terdakwa, itu yang kita perlu tahu. Kita juga perlu tahu, bahwa yang bisa memastikan apakah terpenuhi unsur dakwaan atau tidak itu semata-mata bukan hanya dari keterangan terdakwa, tapi dari berbagai alat bukti, kan sudah mengarah kepada terbuktinya dakwaan yang kita sampaikan," ujar JPU Daru Tri Sadono, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019).

Menyoal apakah delik materil soal terjadinya keonaran sudah terbukti, Daru menyampaikan, pihaknya yakin sudah terbukti.

"Tentu kami punya parameter-parameter yang kami pakai seperti yang beberapa ahli jelaskan. Jadi keonaran yang dimaksudkan atas kebohongan yang disampaikan terdakwa kepada publik sehingga menimbulkan situasi yang tidak kondusif. Kira-kira semacam itu. Yakin, kami yakin (terbukti)," ungkap Daru.

Ihwal motif yang belum tergali, Daru menuturkan, JPU memiliki beberapa catatan dari keterangan Ratna.

"Kami sudah memiliki beberapa catatan, memang itu tentu kami memiliki satu pendapat sendiri. Maksudnya kami simpulkan dari berbabagai keterangan yang disampaikan terdakwa. Tadi seperti saya jelaskan bahwa terdakwa tidak semua dia ungkapkan, tapi lagi-lagi saya katakan bahwa motif itu bisa digali dari keterangan saksi dan tidak harus semata-mata dari terdakwa," kata Daru.

Sebelumnya diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, menggelar sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong atau hoaks terdakwa Ratna Sarumpaet, dengan agenda pemeriksaan terdakwa, hari ini.



Sumber: BeritaSatu.com