Andre Taulany Minta Maaf dan Minta Perlindungan MUI

Andre Taulany Minta Maaf dan Minta Perlindungan MUI
Andre Taulany. ( Foto: Twitter )
Chairul Fikri / FMB Minggu, 5 Mei 2019 | 10:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.commm - Kasus dugaan penistaan agama yang menyeret nama komedian Andre Taulany membuat masyarakat geram. Hal itulah yang membuat Andre Taulany akhirnya mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat Sabtu (4/5/2019) untuk meminta perlindungan sekaligus memohon permintaan maaf atas perkataannya. Dalam pertemuan dengan sejumlah Pengurus MUI, Andre sempat menyampaikan permohonan maafnya atas ucapannya itu.

"Alhamdulillah di kesempatan yang baik ini, saya bisa hadir ke tempat ini untuk bersilaturahmi bertemu dengan Bapak Kiai Haji Cholil, pertama-tama adalah untuk bersilaturahmi dan juga tentu saja ada maksud dari saya pribadi menyikapi permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi terkait diri saya. Saya mengakui saya khilaf dan saya mengakui saya bersalah atas kasus ini," ucap Andre didampingi didampingi Ketua Komisi Dakwah MUI Muhammad Cholil Nafis.

Ditambahkan Andre, dirinya tak menyangka ucapannya itu menuai banyak protes dan juga kecaman dari umat Islam di Indonesia. Andre menyebut bahwa tidak ada unsur kesengajaan untuk melakukan penghinaan seperti yang dituduhkan kepadanya.

"Saya datang ke sini adalah untuk meminta maaf melalui MUI sebagai perwakilan umat Islam atas kekhilafan yang telah saya lakukan. Saya umat muslim tentu juga cinta juga kepada Rasulullah Sallahualaihiwassalam (Nabi Muhammad SAW), di mana saya selalu menyebut namanya di dalam ibadah saya, dalam salat saya, salawat saya,jadi naudzubillahiminzalik kalau saya sampai menghina Nabi saya sendiri, Nabi kita semua Nabi Muhammad," lanjut Andre.

Dengan sedikit meneteskan air mata, Andre pun berharap permohonan maafnya ini bisa diterima oleh umat Islam dan dirinya berjanji tidak akan melakukan hal itu lagi dalam menjalankan pekerjaannya sebagai seorang pekerja entertaiment.

"Dengan segala kerendahan hati, apabila ada candaan saya atau mungkin kata-kata saya yang secara tidak langsung menyakiti perasaan saudara-saudara semua, seluruh umat Islam, saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya atas kehilafan dan juga kelalaian saya yang tanpa saya sengaja. Untuk itu saya ke sini ketemu dengan Pak Kiai, mohon maaf dan mohon bimbingannya dari kiai, MUI, dan para ulama, ustazd, tokoh pemuka agama, dan seluruh umat islam untuk saling mengingatkan dan memberikan masukan-masukan yang baik agar selamat dunia akhirat. Kira-kira seperti itu," tambahnya.

Resmi Dilaporkan Terkait Kasus Penistaan Agama
Kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Andre sebelumnya sempat memancing emosi umat Islam di tanah air. Bahkan Seorang advokat bernama Sulistyowati melaporkan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama. Andre dinilai melakukan penghinaan kepada Rasulullah SAW. Dan laporan Sulis terdaftar dengan nomor TBL/2727/V/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 4 Mei 2019. Perkara yang dilaporkan adalah pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama.

Menanggapi hal itu, Andre sendiri mangaku siap dipanggil dan dimintai keterangannya oleh pihak yang berwajib dan Andre berjanji akan mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

"Saya belum tahu (dilaporkan terkait kasus dugaan penistaan agama) tetapi yang jelas saya siap bila saya dipanggil dan saya akan mengikuti prosedur hukum yang berlaku. Yang pasti sekali lagi saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya atas kehilafan dan juga kelalaian saya yang tanpa saya sengaja," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com