TNI Bantu Normalisasi Perekonomian Palu

TNI Bantu Normalisasi Perekonomian Palu
Personel TNI mengevakuasi korban gempa dan tsunami Palu-Donggala saat tiba di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, 1 Oktober 2018. ( Foto: Antara / Sahrul Manda Tikupandang )
Robertus Wardi / FMB Jumat, 5 Oktober 2018 | 21:04 WIB

Donggala - TNI membantu normalisasi perekonomian terhadap wilayah-wilayah dampak gempa di Sulawesi Tenggah (Sulteng). Wilayah-wilayah itu mencakup Palu, Sigi dan Donggala.

"Kami hadir di sini atas perintah Panglima TNI. Kami dari Tim Normalisasi terdiri dari tiga personel dari Staf Teritorial (Ster) Markas Besar (Mabes) TNI dan lima dari Ster Angkatan Darat (Sterad). Kemudian didukung 30 personel dari Pembekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Bekangad)," kata Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, Paban V/Bakti TNI Sterad di Dongggala, Sulteng, Jumat (5/10).

Melalui keterangan pers yang diterima SP, Jumat malam, ia menjelaskan tim berangkat menggunakan pesawat Hercules TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 05.00 pagi hari. Bersama rombongan personel Ster TNI, turut diangkut di dalam Hercules sejumlah peralatan pendukung kegiatan mereka di Palu, seperti 127 tenda serba guna, 100 set meja kursi lapangan, kompor lapangan, serta 2.000 bahan makanan siap saji.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memacu kegiatan perekonomian agar bisa kembali normal, khususnya dalam hal perekonomian masyarakat, dinamika perdagangan di pasar-pasar bisa kembali normal seperti sediakala," ujar Putrajaya.

Di tempat yang sama, Paban-3 Ster TNI Kolonel Kav Hafrudin Daeng, mengatakan bahwa kegiatan normalisasi perekonomian di wilayah pascagempa dan tsunami tersebut dimotori Mabes TNI. Kegiatan itu akan ditinjau oleh Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi, Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pada hari Minggu (7/10)

"Kalau tidak ada perubahan, untuk memastikan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, pada hari minggu nanti akan ditinjau langsung oleh Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Dharma Pertiwi. Sehingga apa yang telah dilakukan dan dimotori oleh TNI dan dengan dukungan dari berbagai leemen masyarakat, perekonomian di sini bisa cepat pulih kembali," ujar Hafrudin.‎



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE