Ini Cara Batasi Anggota Grup WhatsApp Kirim Pesan

Ini Cara Batasi Anggota Grup WhatsApp Kirim Pesan
Tampilan grup WhatsApp. ( Foto: Dok. WhatsApp )
Herman / FER Senin, 2 Juli 2018 | 22:31 WIB

Jakarta - Whatsapp telah merilis pengaturan baru untuk grup, di mana hanya admin grup yang dapat mengirim pesan ke grup. Opsi baru tersebut bernama Only Admins yang ada di dalam menu Send Messages.

Dengan adanya pilihan baru tersebut, anggota grup tidak bisa lagi mengirimkan pesan untuk mengomentari suatu pengumuman yang disampaikan admin. Pasalnya, seringkali pengumuman penting yang disampaikan group admin 'tenggelam' oleh obrolan atau komentar para anggota group, padahal pengumuman tersebut bersifat satu arah dan tidak perlu dikomentari.

"Salah satu kegunaan grup WhatsApp adalah untuk menerima pengumuman dan informasi penting, termasuk bagi para orang tua dan guru di sekolah, pusat komunitas, dan organisasi non-profit. Kami memperkenalkan pengaturan baru ini untuk memudahkan admin dalam kasus seperti ini," tulis WhatsApp dalam blog resminya yang dilansir Beritasatu.com, Senin (2/7).

Untuk menggunakan pengaturan terbaru ini, admin grup bisa membuka Group Info, lalu pilih Group Settings dan masuk ke Send Messages. Ada dua pilihan, yaitu All Participants atau Only Admins. Bila memilih Only Admins, maka akan muncul pemberitahuan atau notifikasi yang menyatakan kalau admin telah mengganti setelan grup, sehingga hanya admin yang bisa mengirim pesan.

Apabila ingin menyampaikan pengumuman yang membutuhkan feedback dari anggota grup, admin bisa mengembalikan pengaturan Send Messages seperti sebelumnya, di mana semua anggota grup juga bisa ikut mengirim pesan.



Sumber: BeritaSatu.com