Survei APJII: Ponsel Tiongkok Kuasai Pasar Indonesia

Survei APJII: Ponsel Tiongkok Kuasai Pasar Indonesia
Perangkat Oppo F11 Pro dengan varian warna Thunder Black dan Aurora Green. ( Foto: Beritasatu Photo / Dok. Oppo )
Yudo Dahono / YUD Sabtu, 18 Mei 2019 | 21:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Telepon pintar saat ini menjadi salah satu piranti utama untuk mengakses internet oleh pengguna di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengenai Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018 yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (18/5/2019), terungkap bahwa pengguna di Indonesia mayoritas menggunakan ponsel buatan dari Tiongkok. Sebanyak 45,6 % pengguna internet di Indonesia ternyata menggunakan ponsel buatan Tiongkok.

Kendati begitu jika menilik soal merek, ponsel buatan Korea Selatan Samsung justru yang paling banyak dipakai di Indonesia.

Berdasarkan data survei yang dilakukan pada medio 9 Maret hingga 14 April 2019, 37,7 persen pengguna internet menggunakan Samsung guna mengakses internet.

Kendati begitu ponsel buatan Tiongkok seperti Oppo, Xiaomi, Vivo dan Lenovo, justru menjadi ponsel yang paling banyak digunakan di Indonesia mengalahkan Apple yang hanya berada di peringkat ke-6 berdasarkan survei APJII.

Pada posisi kedua bertengger Oppo dengan 18 % diikuti Xiaomi (17,7 %) lalu Vivo (7,5 %) serta ponsel dari Taiwan Asus (3,2 %).

Di posisi ke-6 ditempati Apple dengan persentase 3,1 % dan diikuti Lenovo dengan raihan 2,4 % serta Advan (1,5 %).



Sumber: BeritaSatu.com