Putri Eugenie Menikah, Sepi Sambutan

Putri Eugenie Menikah, Sepi Sambutan
Resepsi pernikahan Putri Eugenie dengan Jack Brooksbank di Kapel St George, Windsor, Inggris, 12 Oktober 2018. ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Jumat, 12 Oktober 2018 | 20:38 WIB

London - Putri Eugenie, cucu dari Ratu Elizabeth II, menikah dengan seorang pengusaha anggur di kota Windsor, Jumat (12/10).

Eugenie, pewaris takhta kerajaan Inggris di urutan ke-9, menikah dengan warga biasa bernama Jack Brooksbank dalam pesta yang tidak seheboh pernikahan kerajaan sebelumnya antara Pangeran Harry dengan Meghan Markle.

Pernikahan Pangeran Harry bulan Mei lalu didahului pemberitaan selama berbulan-bulan tentang Meghan, artis Amerika yang akhirnya berhasil menjadi bagian dari keluarga kerajaan Inggris.

Pernikahan Eugenie tidak semeriah itu, dan bahkan menuai kritik karena biaya pengamanan yang menghabiskan dana 2 juta pound dari pajak rakyat.

Sejumlah surat kabar Inggris memberitakan bahwa dana sebesar itu tak perlu dikeluarkan kalau Eugenie tidak berkeras berkeliling Windsor dengan kereta kencana -- seperti dilakukan Meghan dan sang pangeran dulu.

Stasiun televisi BBC dikabarkan juga membuat kesal Istana Buckingham karena memutuskan tidak menyiarkan langsung acara pernikahan itu, dengan alasan ratingnya rendah.

Acara itu akhirnya disiarkan langsung Jumat pagi oleh stasiun televisi ITV yang skalanya lebih kecil.

Barisan tamu yang menghadiri prosesi pernikahan di Windsor jauh lebih sedikit dibandingkan pesta lima bulan silam.

Kedua mempelai juga muncul di ITV dalam wawancara yang direkam sebelumnya, dan saling melontarkan pujian.

Jack, 32, menyebut mempelai wanita sebagai "cahayanya". Eugenie, 28, menggambarkan calon suaminya sebagai orang yang "sederhana dan murah hati".

Eugenie mendapat simpati di media sosial karena memutuskan mengenakan gaun yang memperlihatkan luka bekas operasi di punggung ketika dia masih kecil.

Istana Buckingham mengatakan gaun itu "atas permintaan khusus Putri Eugenie yang menjalani operasi pada umur 12 tahun untuk membetulkan scoliosis."

"Saya kira Anda bisa mengubah makna kecantikan, dan Anda bisa tunjukkan bekas luka Anda ke orang lain. Menurut saya ini sesuatu yang spesial bisa melakukan itu," kata Eugenie di ITV.

Prosesi pernikahan dihadiri 850 tamu di Kapel St George yang dibangun sejak abad ke-14. Selebritas yang hadir termasuk penyanyi Robbie Williams dan artis Amerika Demi Moore.

George Clooney tidak hadir, padahal dia memakai Jack sebagai duta untuk merek tequila yang dibuatnya.

Jack memiliki sebuah bar cocktail di London bernama Mahiki, dan setelah itu mendirikan bisnis penjualan wholesale anggur.



Sumber: AFP
CLOSE