Direktur Interpol Dilaporkan Hilang di Tiongkok

Direktur Interpol Dilaporkan Hilang di Tiongkok
Interpol ( Foto: bbc )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 6 Oktober 2018 | 19:10 WIB

Paris -Meng Hongwei yang menjabat sebagai Direktur Interpol, dilaporkan hilang. Seperti dikutip situs RT, Jumat (5/10), terakhir kali, sang istri terakhir melakukan kontak dengan Meng sebelum pergi ke Tiongkok sekitar seminggu yang lalu.

Interpol, organisasi yang seharusnya mampu menemukan siapa saja di mana pun di dunia, justru kehilangan direkturnya sendiri. Interpol, yang beranggotakan 192 negara biasnaya memang fokus mencari orang-orang yang hilang atau buronan. Interpol sudah mengetahui laporan tentang "dugaan penghilangan" yang dikhawatirkan Meng

Seseorang yang terlibat dalam penyelidikan terhadap penghilangan tersebut mengatakan bahwa asumsi awal yang digunakan para penyelidik Barat adalah bahwa Meng telah menentang pemerintah Tiongkok dengan cara tertentu. Dia telah ditahan sebagai akibatnya.

Ada beberapa kasus dalam beberapa tahun terakhir pejabat senior Tiongkok yang menghilang tanpa penjelasan. Pemerintah Tiongkok biasanya mengumumkan minggu atau bahkan beberapa bulan kemudian bahwa mereka telah diselidiki, seringkali karena dugaan korupsi.

South China Morning Post Hong Kong mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan Meng telah dibawa aparat untuk ditanyai segera. Peristiwa itu terjadi setelah Meng mendarat di sana, tetapi tidak jelas alasannya.

Politisi Tiongkok, Meng Hongwei yang menjabat kepala Interpol sejak 2016. Keberadaan Meng tidak terpantau lagi pada akhir September. Kini polisi Prancis dilaporkan mulai mencari dia.

Menurut situs Interpol, Meng memiliki hampir 40 tahun pengalaman dalam peradilan pidana dan kepolisian. Pria berusia 64 tahun itu telah mengawasi hal-hal yang berkaitan dengan lembaga hukum, pengendalian narkotika dan kontra-terorisme.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE