Pasar Lelang Mobil Tembus 3 Juta Unit per Tahun

Pasar Lelang Mobil Tembus 3 Juta Unit per Tahun
Ilustrasi mobil klasik yang dilestarikan di Jakarta, Chrysler Windsor edisi1947 buatan Amerika Serikat. ( Foto: antaranews.com )
Harso Kurniawan / HK Kamis, 12 Juli 2018 | 22:44 WIB

Bekasi – Penjualan mobil bekas melalui skema lelang diprediksi mencapai 3 juta unit per tahun atau tiga kali lipat dari rata-rata penjualan mobil baru sebanyak 1 juta unit. Saat ini, terdapat 103 balai lelang mobil di Tanah Air.

“Setiap tahun, selalu ada orang yang ingin menjual mobil. Selain itu, ada mobil yang ditarik oleh perusahaan pembiayaan. Jadi, prospeknya sangat menggiurkan,” ujar Chief Executive Officer PT Digital Sarana Legoas Jacob Anthonius Margareta di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/7). 

Ia menuturkan, pihaknya meluncurkan lelang elektronik (e-auction) mobil dan motor pertama di Indonesia melalui aplikasi Legoas, yang sudah bisa diunduh di Google PlayStore. Legoas akan menggelar lelang perdana Kamis (19/7) dimulai pukul 13.00 WIB.

Total mobil yang ditawarkan, kata dia, sekitar 300 unit. Legoas menargetkan seluruh mobil itu ludes terjual melalui Legoas. Tahap awal, lelang akan dilakukan seminggu sekali. Ke depan, tak tertutup kemungkinan lelang dilakukan setiap hari. “Peserta lelang akan diberikan pemberitahuan melalui aplikasi atau bisa juga mengecek langsung ke laman kami,” papar dia.

Menurut dia, pembeli dan penjual perlu mengunduh dulu aplikasi Legoas sebelum bertransaksi. Selepas itu, bagi penjual, kendaraan dikirim ke gudang Legoas di Jalan Raya Kalibang No.45, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat. Selanjutnya, pihak Legoas akan menginspeksi dan memfoto kendaraan untuk menetapkan grade dan harga dasar kendaraan.

Jika pemilik setuju, dia menerangkan, Legoas akan memasukkan kendaraan ke dalam daftar lelang. Kendaraan bisa dititipkan di gudang Legoas. Pemilik barang bisa memantau seluruh proses lelang secara realtime, dari evaluasi hingga laporan lelang melalui aplikasi dan laman Legoas.

“Dengan Legoas, lelang tidak lagi ribet, baik bagi penjual maupun membeli, karena dapat dilakukan di mana saja, asalkan ada koneksi internet,” papar dia.

Untuk pembeli, dia menambahkan, wajib mengisi data diri di aplikasi. Selepas itu, mereka harus menaruh deposit Rp 5-30 juta, tergantung pilihan membership. Dengan deposit Rp 5 juta, hanya bisa membeli satu unit kendaraan, sedangkan Rp 30 juta atau platinum tak terbatas.

Setelah itu, dia menerangkan, pembeli bisa mengikuti proses lelang elektronik, baik di kantor Legoas, Bekasi, ataupun tempat lain. Proses pembentukan harga akan dilakukan langsung dan dipantau melalui aplikasi.

Selanjutnya, pemenang lelang diberi waktu maksimal lima hari untuk melunasi kendaraan plus biaya administrasi Rp 1,5 juta per transaksi. Adapun surat-surat jika sudah lengkap bisa didapatkan begitu pelunasan selesai. Tenggat waktu surat-surat maksimal dua pekan. 



Sumber: Investor Daily
CLOSE