Operasi Evakuasi 12 Anak Terperangkap di Gua di Thailand Dimulai

Operasi Evakuasi 12 Anak Terperangkap di Gua di Thailand Dimulai
Proses evakuasi 12 anak dan pelatih bola mereka yang terperangkap dalam sebuah gua di Thailand dimulai Minggu, 8 Juli 2018. ( Foto: Reuters / Soe Zeya Tun )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 8 Juli 2018 | 16:24 WIB

Thailand - Operasi penyelamatan 12 anak dan pelatih sepakbola mereka yang terperangkap di gua Tham Luan Nang Non di utara Thailand telah dimulai pagi tadi pukul 10.00.

Sebanyak 13 penyelam asing dan lima anggota marinir Thailand dikerahkan dalam gua yang sempit dan terendam air. Proses penyelamatan harus dilakukan dengan segera karena daerah tersebut masih rawan hujan yang dapat kembali merendam gua.

Operasi penyelamatan ini dapat memakan waktu dua hingga empat hari. Diperkirakan, anak pertama dapat keluar dari gua pada malam ini sekitar jam 21.00. Mereka sudah terperangkap di sana selama 15 hari. Mereka ditemukan dalam keadaan kedinginan dan kurus tetapi selamat lima hari lalu.

Tiap anak akan ditemani dua penyelam profesional yang akan membantu mereka menyusuri air yang berlumpur, arus yang kuat dan gua yang minim oksigen. Operasi ini sangat berbahaya bahkan bagi penyelam berpengalaman sekalipun, apalagi bagi anak-anak yang tidak berpengalaman dan kekurangan nutrisi, tetapi tidak ada pilihan lain.

Sementara itu, keluarga mereka sudah menunggu kepulangan para bocah yang berusia 11-16 tahun tersebut.

Pendiri Tesla, SpaceX dan Boring Company, Elon Musk, bahkan menawarkan bantuannya untuk menciptakan kapal selam mini yang terbuat dari roket Falcon 9 untuk menyelamatkan anak-anak yang terperangkap.

Tim SpaceX saat ini tengah membuat kapal selam mini tersebut dan diperkirakan akan siap dalam delapan jam lalu akan dikirim ke Thailand.

Pelatih sepakbola mengajak anak-anak didiknya menjelajahi gua seusai latihan. Naasnya, saat berada di dalam gua, hujan deras turun dan mereka terperangkap selama 15 hari. Mereka ditemukan lima hari lalu, tetapi proses evakuasi memakan waktu lama karena medan yang sulit.



Sumber: ABC.net
CLOSE