Banjir di Jepang Telan Sedikitnya 60 Korban Jiwa

Banjir di Jepang Telan Sedikitnya 60 Korban Jiwa
Proses evakuasi korban banjir dan longsor melanda barat Jepang. Hingga Minggu 8 Juli 2018, diperkirakan 60 orang tewas. ( Foto: AFP / Yoshikazu Tsuno )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 8 Juli 2018 | 15:42 WIB

Hiroshima - Banjir dan longsor di wilayah barat Jepang diperkirakan menewaskan sedikitnya 60 orang dan puluhan lainnya hilang hingga Minggu (8/7).

Sebagian besar korban berada di prefektur Hiroshima yang mengalami hujan deras sejak Kamis lalu. Ratusan rumah rusak dan sekitar 1,5 juta orang diperintahkan mengungsi dan sekitar 3 juta dianjurkan mengungsi.

Otoritas Jepang mengatakan bencana alam ini berpotensi menjadi bencana alam terbesar di Jepang dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Perdana Minister Shinzo Abe mengatakan tim penyelamat berjuang melawan waktu dalam menyelamatkan dan mengevakuasi korban.

Ribuan polisi, pemadam kebakaran dan tentara dikerahkan dalam operasi penyelamatan (searc-and-rescue).

Badan Meteorologi Jepang mengatakan hujan kembali jatuh di Motoyama (600 km sebelah barat Tokyo) dengan curah hujan mencapai 583 mm pada Jumat dan Sabtu pagi. Hujan diperkirakan masih akan turun beberapa hari ke depan. Kyoto, 300 km timur Hiroshima, juga dilanda hujan deras.



Sumber: BBC