Wasit Ternyata Tak Melihat Insiden Ronaldo

Wasit Ternyata Tak Melihat Insiden Ronaldo
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (kanan) sesaat setelah diganjar kartu merah saat laga di kandang Valencia, 19 September 2018. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Kamis, 20 September 2018 | 08:12 WIB

Valencia - Wasit asal Jerman, Felix Brych, ternyata tak melihat langsung insiden yang membuat Cristiano Ronaldo diganjar kartu merah saat Juventus tandang ke Valencia, Rabu (19/9) atau Kamis dini hari WIB.

Ronaldo diusir dari lapangan setelah insiden yang terjadi pada menit ke-29. Menyusul duel saat berupaya menjebol gawang tuan rumah, Ronaldo terlihat menekan kepala atau menjambak rambut bek Jaison Murillo.

Tak berapa lama Byrch pun mengeluarkan kartu merah. Namun ternyata wasit berusia 43 tahun ini tak melihat insiden yang membuatnya mengeluarkan kartu merah.

Ronaldo dianggap melakukan pelanggaran oleh asisten wasit yang bertugas di gawang Valencia, Marco Fritz. Sky Sport Italia menganalisis video pertandingan dan membaca gerak bibir percakapan antara Fritz dan Brych. Brych sempat dua kali menanyakan kepada Fritz apakah pelanggaran Ronaldo layak diganjar kartu merah, Fritz pun mengiyakan.

Hal ini akan sangat penting dalam memutuskan seberat apa hukuman yang akan diberikan kepada Ronaldo karena wasit dalam laporannya tak bisa menulis bahwa dia melihat insiden itu. Dia mengambil keputusan setelah mendapat masukan dari asisten wasit.

Video assistant referee  (VAR) atau video asisten wasit tidak digunakan di Liga Champions. Ronaldo secara otomatis diganjar larangan tampil dalam satu pertandingan. Namun bisa saja hukuman yang diterimanya lebih buruk.

Ini akan bergantung kepada hasil penyelidikan UEFA atas insiden ini. Aksi kekerasan bisa diganjar hukuman tak boleh turun dalam tiga pertandingan.

Meski bermain dengan 10pemain sejak menitke-29, Juventus tetap sukses meraih kemenangan 2-0 atas Valencia. Kedua gol dilesakkan Miralem Pjanic dari titik penalti.

Berdasarkan jadwal, Juventus akan melawan klub Swiss, Young Boys pada 2 Oktober. Setelah itu Bianconeri akan tandang ke Manchester United pada 23 Oktober dan menjamu klub Inggris asuhan Jose Mourinho itu pada 7 November.



Sumber: Football Italia
CLOSE