Korsel: Korut Akan Hapuskan Semua Senjata Nuklir

Korsel: Korut Akan Hapuskan Semua Senjata Nuklir
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in (kiri) bersama Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berjalan bersama di Pyongyang, Korea Utara, 18 September 2018. ( Foto: AFP / Biro Pers Pyeongyang )
/ YUD Jumat, 12 Oktober 2018 | 17:38 WIB

Seoul - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berniat menghapus seluruh persenjataan, bahan dan sarana nuklir untuk mencapai bebas nuklir lengkap, demikian diutarakan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Jumat (12/10).

Moon juga mengatakan Korea Utara dan Amerika Serikat melangsungkan pembicaraan untuk mengatur pertemuan puncak kedua Kim dengan Presiden AS Donald Trump, segera setelah pemilihan umum di AS berakhir, kata salinan wawancara Moon dengan BBC, yang disiarkan kantornya.

Setelah pertemuan ketiga dengan Kim di Pyongyang pada bulan lalu, Moon mengatakan Korea Utara siap mengundang pakar internasional untuk memantau pembongkaran tempat utama peluru kendali dan akan menutup kompleks nuklir Yongbyon itu jika Washington menjalankan tindakan timbal balik.

Dalam wawancara dengan BBC, Moon mengatakan serangkaian tindakan dimaksud, termasuk pembukaan kantor penghubung Amerika Serikat di Korea Utara, bantuan kemanusiaan serta pertukaran ahli ekonomi.

Trump mengatakan pada Selasa bahwa pertemuan keduanya dengan Kim akan dilangsungkan setelah AS melaksanakan pemilihan anggota kongres pada 6 November.



Sumber: Reuters, Antara
CLOSE