Warnai Ramadan, BMM dan RSIA Bunda Aliyah Santuni Anak Yatim

Warnai Ramadan, BMM dan RSIA Bunda Aliyah Santuni Anak Yatim
Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah, RSIA Bunda Aliyah Pondok Bambu dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) menggelar acara santunan dan buka puasa bersama anak yatim dan Lansia Dhuafa, di Yayasan Awwaliyah Rohiim, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (18/5/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 18 Mei 2019 | 22:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah, RSIA Bunda Aliyah Pondok Bambu dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) menggelar acara santunan dan buka puasa bersama anak yatim dan lansia dhuafa, di Yayasan Awwaliyah Rohiim, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (18/5/2019).

Acara yang bertemakan "Meraih Ketaqwaan dan Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama" ini dihadiri oleh perwakilan dokter, karyawan dan karyawati dari RSIA Bunda Aliyah Pondok Bambu dan juga perwakilan dari BMM.

Direktur RSIA Bunda Aliyah, dr Yanuar Jak SpOG MARS, mengatakan, dengan diadakannya acara santunan dan buka puasa bersama ini dapat dijadikan sarana untuk menyambung silaturahmi antara karyawan-karyawati dan mewujudkan kepedulian antar umat beragama sebagai fungsi sosial.

"Acara ini adalah bagian dari kepedulian kita bersama dalam memuliakan anak yatim. RSIA Bunda Aliyah Pondok Bambu memiliki program sosial lainnya seperti khitan untuk anak yatim dhuafa," papar dr Yanuar.

Sejalan dengan misi sosial RSIA Bunda Aliyah Pondok Bambu, BMM juga mengedepankan semangat umat muslim dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama, khususnya di bulan suci Ramadan ini.

Kadiv PHM dan Perwakilan Wilayah Baitulmaal Muamalat, Galeh Pujonegoro, mengatakan, optimalisasi pemanfaatan waktu Ramadan diawali melalui persiapan diri diantaranya memperluas wawasan, memperbanyak zakat, infak, sedekah, wakaf dan amal sosial lainnya.

"Dengan demikian, peran lembaga amil zakat nasional seperti BMM menjadi penting dalam memfasilitasi umat Islam dalam hal penyaluran zakat, infak, sedekah (ZIS) kepada mereka yang berhak, salah satunya yaitu melalui kegiatan santunan,” kata Galeh.

Selama bulan Ramadan, lanjut Galeh, BMM memiliki program-program khusus yang ditawarkan kepada masyarakat, khususnya bagi para donatur yang ingin memanfaatkan bulan penuh berkah ini sebagai momentum dalam meningkatkan ibadah, khususnya dalam bentuk zakat, infak/sedekah maupun wakaf.

Program-program tersebut antara lain berupa Paket Berbuka untuk Dhuafa yang akan di salurkan kepada 11.000 dhuafa di seluruh Indonesia, Paket Bingkisan Lebaran untuk Dhuafa yang akan disalurkan kepada 7.000 dhuafa, dan Paket Masjid Bersih Bercahaya, yaitu berupa program bersih-bersih dan perbaikan fasilitas masjid-masjid yang berlokasi disepanjang jalan Pantura.

"Selain, itu BMM juga hadir di beberapa mal di Jabodetabek untuk memudahkan para donatur yang ingin menyalurkan sebagian rezekinya kepada para mustahik selama bulan Ramadan,” tambah Galeh.

Lebih lanjut, Galeh mengatakan, dalam rangka optimalisasi program Ramadan, BMM juga melakukan beragam aktivitas kolaborasi dengan beberapa korporasi/instansi yang memiliki visi dan semangat yang sama dalam hal kepedulian sosial dan mempererat persaudaraan.

"Kami mengundang dengan tangan terbuka kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi para mustahik dalam melalui program Ramadan yang kami miliki," tutur Galeh.

"Semoga dengan hadirnya BMM dapat membantu meningkatkan evektivitas dan pelayanan dalam pengelolaan ziswaf serta dapat meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan mayarakat dan penanggulangan kemiskinan," imbuh Galeh.



Sumber: BeritaSatu.com