IMF Beri Bantuan Dana US$ 118 juta untuk Rekonstruksi Mozambik

IMF Beri Bantuan Dana US$ 118 juta untuk Rekonstruksi Mozambik
Rumah-rumah tergenang air di daerah Buzi, Mozambik tengah, pada 20 Maret 2019 ( Foto: AFP/Getty Images / Adrien Barbier )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 20 April 2019 | 09:50 WIB

Maputo, Beritasatu.com- Dana Moneter Internasional (IMF) akan memberikan Mozambik fasilitas kredit US$ 118,2 juta untuk membantu pembangunan kembali infrastruktur. Menurut IMF, pada Jumat (19/4), pembangunan sangat diperlukan setelah topan dahsyat yang menewaskan ratusan orang dan meratakan seluruh desa.

Seperti dilaporkan Reuters, lebih dari 1.000 orang dilaporkan tewas akibat badai di Mozambik, Zimbabwe, dan Malawi setelah topan terburuk dalam beberapa dasawarsa menghantam pantai Samudra Hindia bagian timur pada Maret dengan angin yang menghancurkan hingga 170 km per jam.

Banjir hebat yang disebabkan oleh hujan lebat dan angin yang menghantam desa-desa dan kota-kota, terutama di kota pelabuhan Beira di Mozambik.

Banjir telah membuat negara Afrika Selatan itu mati-matian mencari uang untuk memulai rencana pemulihannya.

Bank Dunia memperkirakan negara-negara yang terkena bencana akan membutuhkan lebih dari US$ 2 miliar untuk dapat pulih.

Rencana respons kemanusiaan Mozambik senilai US$ 337 juta, sebagian besar baru mencapai US$ 281 juta setelah topan melanda, itu berarti hanya mencakup 23% dari dana yang dibutuhkan.

"Bantuan keuangan dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan anggaran yang besar dan pembiayaan eksternal yang timbul dari kebutuhan rekonstruksi setelah Topan Idai, yang menyebabkan hilangnya banyak nyawa dan kerusakan infrastruktur," katanya.

Mozambik juga menghadapi epidemi kolera setelah topan merusak fasilitas air.Kolera endemik di Mozambik, yang telah mewabah secara teratur selama lima tahun terakhir.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 2.000 orang terinfeksi dalam wabah terakhir, yang berakhir pada Februari 2018.



Sumber: Suara Pembaruan